Sabtu, 19 Januari 2013

Manfaat Daun Sirih Dan Cara Mengolahnya

Manfaat daun sirih | Sirih atau dalam nama latin "Piper betle L", adalah tanaman asli Indonesia, yang telah lama dikenal sebagai salah satu tanaman obat yang memiliki manfaat luar biasa. Tanaman ini tumbuh merambat pada pohon lain, pohon ini bisa mencapai ketinggian 15 m. Batang sirih kehijauan coklat, bulat, tersegmentasi, dan tempat akar keluar. Daun sirih adalah bentuk tunggal seperti jantung, tang, tumbuh secara bergantian, bertangkai, dan bau yang menyenangkan bila diremas.

Sangat banyak manfaat kesehatan dari daun sirih, daun sirih mengandung karena berbagai zat. Ada banyak zat yang baik untuk kesehatan dan terkandung dalam daun sirih, terutama yang telah diproses dan diambil minyak. Minyak atsiri yang berasal dari daun sirih mengandung betIephenol, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan kavikol (memiliki kekuatan untuk membunuh kuman), anti-oksidasi dan fungisida, anti jamur.

Kesehatan manfaat daun Sirih | resep obat daun sirih

    Mengobati mimisan. Ambil satu daun sirih, lalu gulung, kemudian masukkan ke dalam hidung Anda untuk memblokir aliran darah keluar.
    Mengobati Diare. Ambil 4 sampai 6 lembar daun sirih dan 6 biji merica, 1 sendok makan minyak kelapa. Blender semua bahan bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada perut.
    Mengobati Alergi atau gatal-gatal. Bahan: 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok teh minyak kayu putih. Caranya, semua bahan tanah bersama-sama sampai halus, kemudian digosokkan pada bagian tubuh yang gatal.
    Manfaat daun sirih untuk bau mulut. Ramuan ini dapat menyembuhkan bau mulut, yang disebabkan oleh kerusakan gigi dan bakteri mulut, terutama oleh mengunyah. Caranya: daun sirih dicuci, lalu dikunyah dan biarkan beberapa menit di mulut, kemudian membuang. Lakukan ini 2-3 kali sehari. Cara kedua adalah dengan berkumur. Rebus 5-6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air mendidih. Dingin dan ketegangan, digunakan untuk berkumur-kumur setiap pagi dan sore.
    Pembengkakan pada gusi. Ambil 5-6 daun sirih. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Angkat dan saring, tambahkan garam. Selanjutnya gunakan untuk berkumur tiga kali sehari.
    Pendarahan gusi. Manfaat kesehatan lain dari daun sirih adalah untuk menghentikan perdarahan gusi, Anda dapat mengambil 10 lembar daun sirih. Setelah dicuci, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih. Angkat dan disaring, gunakan untuk berkumur.
    Menghilangkan bau badan. Ambil 2-3 lembar daun sirih, dan kemudian direndam dalam air panas 1/2 gelas. Tambahkan satu sendok teh gula putih. Biarkan air hangat. Kemudian minum.
    Bronchitis. Kesehatan Manfaat daun sirih untuk penyakit Bronchitis. Ambil 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu. Caranya: daun sirih, cincang halus lalu direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Air rebusan diminum 3 kali sehari, masing-masing dengan 3 sendok makan.

Ini banyak manfaat kesehatan dari daun sirih, justru memiliki manfaat lain daun sirih luar situs ada, mungkin itu akan dilanjutkan di lain waktu, mungkin ini sirih menguntungkan berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar